Minggu, 13 Maret 2011

Bayi Pun Mengerti Matematika Dasar


Kamis, 17 Februari 2011 

(Foto: Google image)

LONDON - Seorang bayi bisa jadi sudah memahami konsep berhitung sebelum dia berjalan. Demikian hasil studi tim peneliti University of Queensland, yang dilansir Telegraph, Kamis (17/2/2011).

Menurut studi tersebut, sejak usia 18 bulan, bayi sudah bisa memahami penghitungan sederhana. Para peneliti menemukan, bayi berusia 18 bulan lebih memilih menyaksikan video yang menggambarkan penghitungan secara tepat, ketimbang video dengan penghitungan yang kurang tepat.

Kendati umumnya baru menguasai perhitungan pada usia empat tahun, hasil studi tersebut mengungkapkan, prinsip menghitung sudah dipelajari anak-anak sejak dini.

"Penemuan ini menjelaskan bahwa manusia mulai belajar menghitung jauh lebih awal dari perkiraan semula," jelas Profesor Virginia Slaughter.

Pada studi tersebut, sejumlah batita diajak menyaksikan beberapa video berbeda yang menampilkan penghitungan enam ekor ikan. Satu versi menampilkan penghitungan yang benar, sementara lainnya menampilkan penghitungan yang salah.

Pada satu tes terhadap 36 batita asal Australia, peneliti menemukan jika bayi berusia 18 bulan lebih menyukai versi video yang benar.

"Anak-anak mulai berhitung setelah usia dua tahun. Kemampuan mereka berkembang pada tahun-tahun berikutnya. Namun sebelum itu, bayi menyaksikan beberapa contoh menghitung yang didemonstrasikan oleh orangtua dan saudara mereka, atau melalui televisi," tutur Slaughter.

"Data kami menunjukkan bahwa, bayi antara usia 15 hingga 18 bulan mulai belajar prinsip abstrak tentang perhitungan secara benar melalui kebiasaan berhitung dalam budaya mereka," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

BAGUSCIEANNGHKCINNTA © 2008 Template by:
SkinCorner